19.5.13

Peka Zaman

Tempo hari saya diminta menjadi narasumber untuk talkshow bertema Remaja dan Media Sosial di SMP Negeri 37 Surabaya. Bagi saya ini menjadi tantangan tersendiri. Bukan soal materi apa yang mau disampaikan, tapi lebih kepada bagaimana menyederhanakan persoalan dan bahasa agar mudah dicerna. Maklum, saya lebih sering bicara di hadapan khalayak dewasa dibandingkan anak-anak dan remaja.

Jadilah presentasinya seperti berikut, sengaja saya buat pernuh warna tanpa banyak teks.


Dalam pandangan saya, remaja sekarang adalah generasi yang terdigitalisasi dan penuh keterbukaan. Lihat saja, menggengam ponsel pintar bagi siswa SMP atau bagi sebagian siswa SD kini telah menjadi pemandangan yang lumrah. Pertanyaannya, sudahkah ada kontrol yang baik dari orangtua?

Sebagai (calon) orangtua, kita perlu peka zaman dan mengingat pesan Ali RA: didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka adalah anak zaman. []

_____
Untuk melihat presentasi di atas, fitur JavaScript pada peramban harus aktif.

0 komentar :

Diam adalah mahaguru semenjak mula zaman
Diberdayakan oleh Blogger